Tentang Dua Malaikat Kecil Yang Dikirimkan Tuhan Untukku



Tentang dua malaikat kecil yang dikirimkan Tuhan untukku...
Hidup tak pernah memberimu perintah 'undo' dan 'redo', pun tak pernah membiarkanmu mengulang waktu untuk memperbaiki apa yang kausesali. Hidup selalu tahu harus memberimu pelajaran seperti apa agar kausadar bahwa hidup begitu indah untuk kau sia-siakan dan terpuruk pada satu keadaan. Ya, hidup memang tak pernah memberiku perintah 'undo' atau mengulang waktu sesuai keinginanku, tapi hidup selalu mengajarkanku tentang berbagai rasa yang pada akhirnya kuyakini hal itu akan mendewasakanku.

Tentang dua malaikat kecil yang dikirimkan Tuhan untukku...
Tak akan ada sebuah jalan kehidupan yang tak berujung pada penyesalan. Kelak, dari penyesalan itu kau akan belajar bagaimana caranya memperbaiki tanpa harus meng-undo hidupmu, bagaimana hidupmu dapat terus berjalan tanpa harus mengulang waktu untuk memperbaiki apa yang salah. Ya, aku telah belajar banyak tentang bagaimana tidak menyesali sebuah penyesalan. Karena, ada banyak hal yang kutemukan ketika aku tak lagi menyesali apa yang menjadi penyesalanku. Setidaknya, sebuah penerimaan akan mengobati berbagai luka dan kesalahan yang pernah kulakukan.

Tentang dua malaikat kecil yang dikirimkan Tuhan untukku...
Hidup memberimu perkara kehilangan dan mendapatkan. Ya, aku pernah kehilangan yang benar-benar sangat kehilangan. Tapi, Tuhan telah memberiku banyak hal jauh sebelum kehilangan itu datang padaku. Sebulan sebelum aku kehilangan apa yang benar-benar kuyakini, Tuhan mengirimkan dua malaikat ini ke hidupku--Daffa dan Vina. Tanpa aku sadar, mereka yang selalu membuatku tertawa meski lelah tak tertahankan membebaniku. Setiap malam, dari Senin sampai Jumat, mereka adalah hal yang paling kutunggu-tunggu. Bertemu mereka, sama dengan mengobati segala hal yang telah melukaiku. Mereka mengajariku cara tertawa di saat keadaan menyuguhiku tangisan. Mereka memberi alasan untuk aku tersenyum, di saat hidup memberiku alasan untuk menangis. Ya, mereka menjadi dua malaikat kecil di hidupku, yang akhirnya kusadari sekarang.

Tentang dua malaikat kecil yang dikirimkan Tuhan untukku...
Hidup tahu kemana harus membawa langkahmu, di mana harus menempatkanmu. Tuhan tahu segala hal yang akan terjadi di hidupmu. Dan benar, Tuhan selalu tahu kapan aku harus kehilangan, dan Dia menggantikan kehilanganku jauh sebelum aku merasakan kehilangan itu. Detik-detik saat kehilangan itu datang membuatku merasa benar-benar ditinggalkan. Tapi kedua malaikat kecil ini, membuatku tersenyum meski hanya sekali dalam dua jam pertemuan kami. Mungkin aku bisa mengatakan seperti ini, "menyibukkan diri untuk mengalihkan perhatian dari segala hal yang membebani.", tapi sebenarnya, bertemu dua anak ini memberiku lebih dari sekedar kesibukan untuk mengalihkan segala pikiranku. Bertemu mereka, memberiku hidup yang sebenarnya.

Tentang dua malaikat kecil yang dikirimkan Tuhan untukku...
Sampai kapan pun, hidup hanya akan menghimpitmu pada satu keadaan yang diketahui oleh Tuhan kalau kau mampu melalui himpitan itu. Seperti kehilangan yang diberikan hidup padaku, seperti itu pula Tuhan mengirimkan dua malaikat kecil ini ke hidupku. Cukuplah celoteh mereka setiap malam membuatku belajar mendengarkan dan mengerti. Semua canda tawa mereka mampu mengobati lelah setelah seharian di kampus dengan segudang kerjaan, belum lagi hal-hal lain yang di luar dugaan. Dan biarlah 'ngambek'-nya si Daffa mengajariku bagaimana bersabar, dan bagaimana caranya bernegosiasi dengan hidup agar aku tak terjungkal dalam dan terpuruk di dasar kesedihan.

Tentang dua malaikat kecil yang dikirimkan Tuhan untukku...
Sejujurnya, hidup ini tak serumit yang dibayangkan. Cukup jalani, belajar, mengerti dan buka mata lebar-lebar. Ketika hidup menghadapkanmu pada suatu masalah, sebenarnya ada banyak jalan keluar atau setidaknya sedikit hal yang akan membawamu menuju jalan keluar. Dan hal itu ada di sekitarmu. Cukup dengan mensyukuri hidup, dan sadar bahwa hidup bukan tentang dirimu sendiri dan segala rasa yang ada di hatimu. Mungkin kamu atau aku pernah melakukan kesalahan, merasakan penyesalan dan lain sebagainya. Tapi, kita selalu diberi waktu untuk memperbaiki kesalahan dan meredakan penyesalan yang ada. Tuhan selalu memberi waktu untuk kita menjadi lebih baik dari kemarin.

Tentang dua malaikat kecil yang dikirimkan Tuhan untukku...
Terima kasih untuk semua hal yang kita lalui bersama selama beberapa bulan ini. Aku menyayangi kalian seperti cara Tuhan menyayangiku dengan mengirimkan kalian ke hidupku. Sampai ketemu nanti malam, dengan cerita yang baru, dan pelajaran yang baru. Suatu hari nanti, saat kita bertemu lagi, aku ingin melihat kalian duduk di bangku universitas yang kalian inginkan. :)

with Daffa :)


 with Vina :)

Post a Comment

0 Comments