Website vs Marketplace: Pilihan Atau Sinergi?

website vs marketplace pilihan atau sinergi?


Di dunia yang serba instan ini, kehadiran teknologi menjadi poin utama dalam mengerjakan banyak hal. Mulai dari mempertahankan eksistensi diri melalui social media, hingga mengais rezeki dengan berjualan online.

Website vs Marketplace: Pilihan Atau Sinergi?


Semakin ke sini, orang-orang semakin menginginkan kepraktisan. Mau makan tinggal buka aplikasi, pesan, bayar dan tunggu makanan datang. Pengin suatu barang tinggal buka e-commerce, cari barang, beli, bayar dan tunggu hingga barangnya datang. Secara tidak langsung, teknologi juga telah membuat orang-orang lebih betah berlama-lama di satu tempat, karena segala hal yang dibutuhkannya bisa didapatkan dalam genggamannya (re:smartphone).

Tetapi, benarkah segalanya menjadi se-instan itu seiring kemajuan teknologi?

Ya, benar.
Kemajuan teknologi telah membantu banyak orang dalam menjalankan usahanya. Sekarang,  orang-orang tidak perlu modal berpuluh juta untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Kenapa?

1.       Tidak Perlu Menyewa Gedung
Yap! Jika dulu kita harus memiliki lokasi untuk memulai usaha kita, entah itu sebuah ruangan yang akan dijadikan toko, atau tempat strategis yang ramai lalu-lalang masyarakat, kini hal itu tidak lagi menjadi pertimbangan utama dalam memulai usaha. Segalanya sudah bisa diatasi dengan adanya internet. Orang-orang tinggal mengambil foto dari barang yang akan dijualnya, mengunggahnya, lalu melakukan promosi melalui social media mereka. Dan tinggal tunggu hingga pembeli menghampiri.
Mudah sekali, kan?

2.       Tidak Perlu Merekrut Pegawai
Jika sebuah usaha dimulai dengan toko offline, maka secara otomatis, toko ini perlu seseorang yang menjaga dan melayani pembeli. Dengan kata lain, kita membutuhkan seorang pegawai. Jadi, selain harus menyiapkan dana untuk uang sewa toko, kita harus menyiapkan dana untuk gaji pegawai, minimal tiga bulan pertama. Nggak mungkin, dong, kita nggak menjamin kesejahteraan orang yang sudah bekerja dengan kita.

Kalkulasi keuangan yang dibutuhkan sampai poin kedua ini sudah cukup banyak. Di sinilah peran teknologi sebagai penolong. Toko online bisa dijalankan oleh kita sendiri. Baik kita sedang bekerja di kantor, atau menjaga anak di rumah, atau hang out ke mall bersama teman-teman, kita tetap bisa memantau toko kita.

3.       Tidak Memerlukan Modal Yang Besar
Poin ketiga ini tidak jauh beda kaitannya dengan dua poin di atas. Kenapa? Karena kedua poin di atas juga masuk ke dalam hitungan modal. Selain itu, semakin ke sini, semakin banyak toko online yang menyediakan jasa reseller dan dropshipper. Artinya apa? Artinya, kita tidak membutuhkan modal untuk pengadaan barang dagangan kita sendiri. Kita hanya perlu membuat sebuah akun toko online di salah satu marketplace yang tersedia, kita tinggal posting produknya, dan tunggu sampai ada pelanggan yang membeli. Setelah selesai transaksi, kita tinggal hubungi sellernya dan mereka akan mengirimkan barangnya sesuai nama toko online kita. Mudah sekali kan?

 
Setelah kemudahan di atas, jadi yang mana sih yang kita pilih?
Website? Atau Marketplace?


website


Website

Kata Om Wikipedia, website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi.

Jadi, website ini adalah sebuah toko online mandiri yang dijalankan oleh penjualnya sendiri, di mana para pembeli memperoleh barang-barang mereka secara langsung dari perusahaan website personal. Contohnya seperti Shopity, Magento, BigCommerce dan WooCommerce.




Marketplace

Martketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Contohnya seperti Amazon, eBay, Walmart, dan Etsy.





Perbedaan paling mendasar antara marketplace dan website sangat sederhana, tetapi sungguh bergantung pada siapa dan apa yang kita jual. Marketplace akan memudahkan kita untuk mendapatkan jutaan pengunjung yang terhubung ke kita, tetapi kita juga harus berjuang dengan ribuan penjual untuk bisa terlihat oleh jutaan pengunjung yang nantinya akan menjadi pembeli ini. Sedangkan Website adalah cara untuk membedakan kita agar terlihat lebih mandiri dan berkelas, tetapi kita membutuhkan usaha yang serius untuk mendapatkan traffic dan mengendalikan penjualan.



 
Apa Keuntungan Berjualan Di Marketplace?

Lebih mudah untuk memulai dan memelihara
Marketplace dapat menyederhakan penjualan, khususnya untuk penjual baru. Infrastrukturnya sudah ada, sehingga menghemat waktu dan kerumitan penjual untuk membangun website dari awal.

Marketplace tidak dimiliki oleh penjual perorangan, sehingga proses transaksi sudah ditangani oleh marketplace itu sendiri. Lebih simpel, kan?

Ada banyak pengunjung yang sudah melakukan pembelian di marketplace tersebut
Marketplace adalah situs web stabil dan sangat terpercaya. Kenyamanan bertransaksi sudah melekat di sana, sehingga orang-orang terbiasa mencari barang kebutuhannya dan tidak merasa khawatir setiap melakukan transaksi pembelian.

Karena banyak marketplace yang sudah menjadi kebutuhan utama, mereka memiliki jutaan pembeli yang setiap harinya mencari produk seperti yang kita jual. Kita tidak perlu banyak usaha untuk mendapatkan pembeli yang potensial.



Marketplace raises the economic intelligence of the country



Apa Kekurangan Berjualan Di Marketplace?
Ada banyak merk yang bersaing di situs yang sama
Kita bisa saja berpikir produk kita unik, tetapi ada banyak sekali toko yang memberikan penawaran serupa yang siap bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan.


Orang yang membeli produk kita bisa saja tidak pernah menyadari keberadaan toko kita
Banyak orang yang berbelanja di marketplace berpikiran mereka membeli dari marketplace itu sendiri, bahkan ketika mereka membeli produk kita. Pembeli kita akan mengingat marketplace itu untuk membeli barang kebutuhan mereka besok-besok, bukan brand kita. Dalam banyak marketplace, fokusnya tidak pada penjual, melainkan lebih kepada produk.




Apa Keuntungan Berjualan Dengan Website Pribadi?
Stabil dan perawatan sepenuhnya dibawah kendali brand kita
Ketika kita menjalankan website sendiri, kita punya kendali sepenuhnya. Seperti apa tampilannya, apa yang dikatakannya dan bagaimana cara kerjanya. Kesempatan untuk berkreativitas dan mengembangkan ide-ide segar di kepala kita jauh lebih luas. Jika kita tipe orang yang senang dan ingin mengembangkan brand sendiri, website pribadi adalah cara untuk menunjukkan kepada dunia karakteristik brand kita.

Selain itu, kita bisa menciptakan pengalaman berbelanja yang kita inginkan untuk pelanggan kita. Lebih powerfull, kan?

Kita bisa menargetkan pembeli untuk melakukan repeat order
Salah satu keunggulan mengelola toko dan website kita sendiri adalah kita bisa mendapatkan akses secara langsung kepada pelanggan kita. Dengan begini, sangat memungkinkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan akhirnya memberikan peluang untuk meningkatkan penjualan ke depannya. Karena kita bisa membangun jaringan dengan para pelanggan dan meninggalkan kesan yang baik kepada mereka sehingga mereka bersedia datang ke toko kita lagi di kemudian hari.



 
Apa Kekurangan Berjualan Dengan Website Pribadi?

Pengaturan website akan memakan waktu dan teknis
Membangun website sendiri bisa menjadi begitu sederhana atau begitu rumit, tergantung bagaimana keinginan kita. Dengan maraknya e-commerce dan do-it-yourself tools, membangun dan menjalankan website sendiri menjadi tidak mudah.

Ada banyak tahapan yang harus disiapkan, seperti memilih nama domain dan layanan hosting, menyiapkan perangkat lunak untuk pemrosesan kartu kredit, dan membuat konten situs—yang bisa dibilang bahwa ini akan cukup menyita waktu.

Butuh usaha lebih untuk mendapatkan pengunjung ke website
Setelah meluncurkan website pribadi, masalah selanjutnya adalah bagaimana membuat orang-orang mengunjungi website kita dan tahu apa yang kita jual. Untuk itu, kita harus melakukan pemasaran yang tepat untuk menarik orang-orang mengunjungi website kita. Artinya, dibutuhkan biaya tersendiri untuk kegiatan promosi ini.

Selain itu, kita juga perlu membangun kepercayaan konsumen agar mereka tidak merasa khawatir melakukan transaksi di toko kita. Salah satu cara membangun kepercayaan konsumen adalah dengan mengumpulkan endorsement dari public figure, atau dari pelanggan kita di awal penjualan.




Jadi, pilih Website atau Marketplace?
Menurutku, website dan marketplace bisa bersinergi untuk mengembangkan usaha kita. Kenapa bersinergi? Karena, marketplace akan membantu memudahkan kita dalam penjualan dan mengumpulkan testimoni di tahap awal pembentukan toko online kita. Saat kita memulai berjualan di marketplace, kita memiliki waktu lebih untuk mendesain dan membangun website pribadi kita. Ditambah lagi, kita bisa menghemat biaya di awal karena tertolong dengan adanya marketplace itu sendiri.

Keuntungan yang terkumpul dari penjualan awal, bisa kita jadikan modal untuk melakukan promosi ketika kita sudah meluncurkan website pribadi kita. Jadi, sebelum meluncurkan websitenya, kita memiliki waktu untuk try dan error website, menyiapkan perangkat lunak untuk pemrosesan kartu kredit, menyiapkan keranjang pembeli, dan sebagainya, sehingga nantinya website kita memiliki pondasi yang kuat.

Selain itu, pemilihan jasa penyedia hosting juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah penyedia jasa yang sudah tidak diragukan lagi, seperti Rumah Web. 

Rumah Web Promo Hosting Murah

Rumah Web adalah salah satu penyedia hosting besar di Indonesia. Selain terpecaya, rumah web juga memberikan layanan Hosting Murah. Contohnya, saat ini mereka memiliki promo Hosting + Domain .com start from Rp. 17.900,- per bulan. Murah banget kan? Jadi, kita bisa memiliki website keren dengan harga terjangkau. Otomatis, toko online kita juga akan terlihat semakin profesional dan tampak kreatif.

Nggak percaya? Tenang, aku salah satu pengguna hosting murah mereka, kok. InsyaaAllah rumah web amanah dan terpercaya. Layanannya juga bagus, terbukti ketika para Customer Service Rumah Web dengan sabar dan tabah melayani kecerewetan aku di awal-awal proses transaksi. Hehe

 
Kesimpulan
Jadi, marketplace akan memudahkan langkah awal kita untuk melakukan penjualan, sedangkan website akan menaikkan profesionalitas toko online kita. Kedua platform ini merupakan sinergi yang paling sempurna untuk menjalankan bisnis kita.


lomba blog rumah web website vs marketplace: pilihan atau sinergi?


Referensi





Post a Comment

0 Comments