Ahsanta Travel Umroh Dan Tips Memilih Travel Umroh Yang Aman

Hasil gambar untuk umroh
Sumber : www.google.com


Ibadah Umroh saat ini kian menjadi kebutuhan bagi umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya kemudahan akses transportasi saat ini, biaya yang ditawarkan juga memberikan peluang bagi siapa saja untuk melaksanakan ibadah Umroh. 


Sumber : Kemenag RI via www.depokpos.com


Dilansir dari Kementrian Agama Republik Indonesia, Jemaah Umroh setiap tahunnya mengalami peningkatan. Terbukti dari data statistik di atas, Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah Jemaah Umroh terbanyak di dunia.  

Seiring pesatnya peningkatan Jemaah Umroh dari tahun ke tahun, tidak heran jika banyak sekali perusahaan yang bermunculan dan menawarkan kemudahan perjalanan Umroh. Perusahaan-perusahaan ini akan membantu kita dalam menunaikan ibadah umroh dengan lebih mudah dan terasa nyaman. Tidak sedikit pula perusahaan pemerintah dan non pemerintah, bahkan berbagai bank konvensional hingga bank Syariah menawarkan tabungan Haji dan Umroh, di mana pembayarannya dilakukan dengan sistem debet ke rekening nasabah. 

Travel Umroh akan membantu kita untuk mempersiapkan segala keperluan terkait perjalanan Umroh kita seperti pengurusan visa Umroh, tiket pesawat, pemesanan hotel, konsumsi, transportasi selama ibadah Umroh dan tentunya jasa pendampingan selama menjalankan ibadah.

Sayangnya, di tengah kemunculan perusahaan-perusahaan penyedia jasa perjalanan Umroh ini, tidak semuanya memiliki niatan baik. Kita tidak dapat menutup mata dengan kasus-kasus penipuan terkait perjalanan Umroh yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan. Harga murah yang ditawarkan membuat masyarakat tergiur, hingga lupa untuk memperhatikan dan selektif dalam memilih Travel Umroh.

Jadi, dari sekian banyak Travel Umroh yang menawarkan berbagai paket umroh, yang mana, sih, yang harus kita pilih?

Nah, berikut tips memilih Travel Umroh sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.


     1. Kenali Kebutuhan Diri Sendiri
Setiap orang tentu mempunyai penghasilan berbeda, serta kebutuhan yang berbeda pula. Jika kita memiliki keinginan untuk  melaksanakan ibadah Umroh, ada baiknya kita mulai mengenali kebutuhan diri sendiri seperti kesanggupan untuk berjalan kaki, kuantitas ganti pakaian, obat-obatan pribadi, dan sebagainya. 
Mengapa hal ini penting?
Karena setiap harga yang ditawarkan Travel Umroh pastilah memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Bisa jadi paket A lebih mahal karena memberikan fasilitas nomor satu, baik dari segi hotel yang dekat dengan Ka’bah, hingga tour perjalanan yang disediakan. Atau mungkin saja paket B lebih murah dikarenakan memilih hotel yang sedikit lebih jauh dari Ka’bah.
Jangan salah, loh, lamanya hari pelaksanaan Umroh juga menentukan harga yang ditawarkan oleh Travel Umroh. Ya, tidak dipungkiri, semakin lama kita berada di tanah suci, semakin banyak waktu kita untuk melakukan ibadah di sana pula, yang kalau dihitung-hitung pahalanya pastilah berbeda dengan kita melaksanakan ibadah di masjid lainnya.

2.     2. Pilih Travel Resmi Yang Terdaftar Di Kementrian Agama
Untuk terdaftar di Kementrian Agama, sebuah perusahaan yang menyediakan jasa layanan Haji dan Umroh harus memenuhi syarat-syarat administrasi berupa surat-surat perizinan, yaitu :
a.       Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
b.       Tanda Daftar Perusahaan
c.       NPWP Perusahaan
d.       Surat Keterangan Domisili Perusahaan
e.       SK Menteri Kehakimah : Akta Pendirian Perusahaan
f.        SK Departemen Agama, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh
g.       Sertifikat Anggota Amphuri
h.       Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI
Bagaimana kita tahu perusahaan tersebut memiliki izin yang resmi? Kita bisa mengecek-nya langsung di laman Kementrian Agama atau langsung saja ke Ahsanta Travel; Travel Umroh yang memberi bukti, bukan janji!  atau kita bisa tanyakan langsung kepada Travel Umroh yang kita pilih. Travel Umroh yang baik pasti akan terbuka kepada calon Jemaahnya mengenai keresmian perusahaan milik mereka.

Hasil gambar untuk umroh
Sumber : www.google.com
3.       3. Lakukan Survey Harga
Jangan mudah tergiur dengan Travel Umroh yang menawarkan harga murah. Kita juga harus tahu pasaran harga pelaksanaan ibadah Umroh. Cari tahu hal ini dengan melakukan survey harga atau tanyakan kepada kerabat yang pernah melaksanakan ibadah Umroh sebelumnya.
Apabila Travel Umroh menawarkan harga yang terlalu murah, kita patut curiga. Bagaimana mungkin sebuah perusahaan memberikan harga yang sangat murah kalau bukan karena ada hal yang salah?
Kalau perlu, lakukan survey harga hotel, harga tiket, biaya makan, dan biaya transportasi selama di sana. Dengan begini, kita memiliki gambaran biaya Umroh yang lebih pasti, agar tidak menebak-nebak. Hal ini juga meminimalisir kemungkinan tertipu dengan travel yang tidak bertanggungjawab.

4.       4. Periksa Alamat Kantor Travel
Setelah memastikan keresmian Travel Umroh, selanjutnya kita perlu melakukan pengecekan alamat kantor travel yang akan kita gunakan jasanya. Pastikan wujud kantornya ada dan bisa dipercaya. Ya, bisa kebayang, dong, kalau wujud kantornya saja nggak ada, gimana kita bisa percaya?

5.      5. Perhatikan Track Record atau Rekam Jejaknya

Kalau ibarat kata milih jodoh harus memperhatikan bibit, bebet dan bobotnya, maka dalam memilih Travel Umroh terpercaya, kita bisa cek track record-nya. Untuk melihat rekam jejaknya ini, kita bisa melihat profil perusahaannya, salah satunya tanggal didirikannya travel. Semakin lama Travel Umroh didirikan, semakin banyak pula pengalamannya dalam melayani Jemaah.
Selanjutnya, perhatikan juga sudah berapa kali Travel Umroh menyelenggarakan perjalanan Umroh. Semakin sering travel tersebut memberangkatkan Jemaah, semakin terbukti pula kredibilitasnya. Hal ini memiliki keterkaitan dengan pelayanan yang diberikan. Semakin kredibel suatu travel, semakin baik pula pelayanan yang diberikannya.
Kalau perlu, kita bisa tanyakan pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan jasa Travel Umroh tersebut. Semakin baik kesan orang-orang sebelumnya, semakin baik pula track record-nya. Kalau sudah begini, kita juga bisa menepis keraguan di hati.

6.       6. Cek Cara Pembayaran
Travel Umroh resmi umumnya selalu menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksi pembayaran. Pastikan Travel Umroh yang kita pilih memiliki rekening bank atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi, soalnya, ini bukan akad nikah.
Travel Umroh yang baik pastinya akan terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan kita dapatkan dan fasilitas apa saja yang harus dibayar sendiri, karena tidak termasuk dalam fasilitas yang disediakan Travel Umroh.

7.       7. Tanyakan Ada Atau Tidaknya Pembimbing Saat Ibadah Umroh
Jelas saja sebagai pendatang, kita pasti sangat awam dengan daerah yang kita kunjungi. Belum lagi perasaan takut dan was-was karena bisa dipastikan selama ibadah berlangsung, kita akan berbaur dengan banyak orang baru yang memiliki bahasa dan kultur yang berbeda-beda.
Itulah mengapa keberadaan pembimbing saat melakukan ibadah Umroh rasanya sangat penting. Selain kita tidak akan kesulitan saat beribadah, pembimbing ini juga akan membantu kita dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kebutuhan pribadi seperti arah jalan, jadwal makan dan membantu mengingatkan kita akan jadwal kegiatan yang sudah ada. Rasanya sangat tidak lucu jika kita tidak tahu jalan kembali ke hotel di hari pertama, hanya karena kebingungan tidak adanya pembimbing. Kita tidak ingin menjadi butiran debu seperti rumor, kan? Tersesat dan tak tahu arah jalan pulang.

8.       8. Jangan Pilih Travel Umroh Yang Menjanjikan Keberangkatan

Sumber : www.fireflies-winter.com

Umroh bukanlah Haji yang harus mengantri karena banyaknya Jemaah yang mendaftar dan terbatas pada kuota-kuota Haji tiap tahunnya. Umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, selama telah melunasi pembayaran paket Umroh yang telah dipilih.
Nah, kalau ada Travel Umroh yang menjanjikan keberangkatan satu atau dua tahun lagi, dengan alasan apapun, silakan beralih ke Travel Umroh lainnya. Menikah saja sebaiknya disegerakan, kenapa Umroh harus ditunda-tunda?

Itulah kedelapan tips dalam memilih Travel Umroh. Cari tahu kebutuhan kita, dan selaraskan dengan kemampuan finansial kita. Selanjutnya, pilihlah Travel Umroh dengan track record yang baik, agar perjalanan ibadah kita bisa dijalankan dengan maksimal. 

Eiittss, tunggu dulu. Rasanya kurang pas jika memberikan Tips tetapi tidak memberikan rekomendasi Travel Umroh yang aman dan nyaman. Apalagi kalau bukan....


Kenapa Ahsanta Tours & Travel? 

Ahsanta Tours & Travel memiliki izin yang lengkap. Tahu darimana, Mi? The power of searching!

 

Dari segi perizinan, Ahsanta Tours & Travel sudah jelas merupakan salah satu Travel Umroh yang memiliki legalitas yang jelas. Tidak hanya itu, Ahsanta Tours & Travel juga menyediakan beragam paket Umroh dan Haji yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

 


Tidak hanya perjalanan Umroh biasa,  Ahsanta Tours & Travel juga menawarkan Umroh plus Turkey, bahkan ada paket Umroh plus Dubai. Buat kita yang suka travelling, tentu paket-paket ini merupakan penawaran yang menggiurkan. Tetapi jangan lupa, tujuan utama tetap ibadah, ya. Jangan membayangkan selfi di Istanbul dulu, ya.

Setelah perizinan travel dan paket Umroh, selanjutnya kita harus memastikan track record-nya Ahsanta Tours & Travel. Dan lagi-lagi dari hasil searching sana-sini, Ahsanta Tours & Travel sudah tidak diragukan lagi dalam melayani perjalanan Haji dan Umroh. Terbukti sudah berdiri belasan tahun dan intensitas mereka dalam memberangkatkan Jemaah. 



Sesuai dengan tagline-nya; Beri Bukti Bukan Janji, Ahsanta Tours & Travel mewujudkan tagline mereka dengan memberikan kepuasan pelayanan kepada para Jemaah Umroh. Bahkan mereka memfasilitasi para orang tua yang sudah tidak kuat berjalan, namun memiliki kemauan untuk beribadah. Benar-benar memberikan kenyamanan dalam beribadah, nih.

Dan yang terakhir, kita juga harus membuktikan sepuas apa, sih, Jemaah Umroh yang berangkat bersama Ahsanta Tours & Travel. Nih, buktinya ada di bawah ini.



Jadi, gimana? Sudah menjatuhkan hati pada Travel Umroh yang tepat?

Post a Comment

12 Comments